Senin, 26 Maret 2012

Interview with Criatura (Bogor Symphony Black Metal)


Halo, saat ini saya komunikasi dgn siapa? Apa posisinya di Criatura?
Halo juga, saya Nos. di Criatura posisi saya sebagai Gitaris

Apa kabar terhangat dari Criaturasaat ini? Ada gosip terbaru?
Kabar terhangat dari kita saat ini mungkin kita sedang mencari personil baru,hehehe. Keyboardist kita belum lama ini keluar dan Drumer kita pun sedang sibuk dengan pekerjaan barunya. Jadi saat ini kita hanya memakai additional player untuk sementara sebelum mendapatkan personil tetap yang baru.

Coba perkenalkan kepada pembaca para pasukannya Criatura:)
Ale (vocal), Yudi (gitar), Nos (gitar), dan Handy (bass) di bantu oleh dua additional muda bertalenta yaitu Mahar “Tragedy” (keyboard) dan Isan “Syariat” (drum)

Kapan dimana dan bagaimana proses terbentuk Criatura?
Criatura terbentuk di Bogor, 3 September 2008. Sebenarnya kita sudah ada sejak 2006, namun genre kita waktu itu masih belum tetap, masih dalam pencarian jati diri lah,hehe. Kita bermain musik benar-benar dari bawah, dari panggung parade, festival sampai audisi sudah kita rasakan. Kebutuhan kita akan di musik terus meningkat dan sampai akhirnya kita menetapkan bermain di Metal di akhir 2008, untuk itu kita menetapkan kelahiran Criatura pada tahun tersebut.
Awalnya kita berempat, Ale, Yudi, Nos dan Deni (ex.Drum), saat itu kita belum memiliki bassist dan keyboardist, setelah take single pertama kami “Hypochondria” diakhir tahun 2009 yang mendapatkan respon dan support dari banyak sahabat, tak lama Deni memutuskan untuk keluar. Beberapa kali digantikan namun tidak ada yang memiliki kecocokan, lalu Handy (bass) , Astri (keyboard) dan Ardy (drum) masuk, formasi ini hanya berselang satu tahun. Ardy digantikan Eldhy dan Astri keluar karena ketertarikannya bermain dengan band melodicnya.
Namun kita akan terus bertahan walau sudah beberapa kali ganti personil, dengan konsistensi kita dijalur metal.

Sudah berapa hasil karya yang kalian ciptakan?
Saat ini hasil karya kita yang di take baru 4 track, 3 lagu dan 1 intro yang kita rampung dalam CD Promo kita ber-tittle “Black Symphony”

Bagaimana konsep musik lirik dan penampilan dr Criatura?
Konsep musik kita musik Karnaval, mencampurkan Black Metal dengan nuansa theatrical dan classic. Kalo dari segi lirik kita lebih banyak tentang kehidupan dan hubungan antara manusia dengan Tuhan, dan dari segi penampilan kita lebih ke gothic, lebih condong ke vampire atau Dracula , pakai kemeja, celana hitam panjang , sepatu boots atau pantofel, make up pucat sedikit dipoles ciri khas black metal

Criatura itu sendiri menganut genre Black Metal yg seperti apa?
Genre yang kita usung Symphonic Black Metal,seperti yang saya bilang sebelumnya,kita mencampurkannya dengan nuansa Theatrical dan Classic sebagai ciri khas kita sejak pertama . Dipengaruhi oleh beberapa band dedongkot Black Metal seperti Cradle of Filth dan Dimmu Borgir,kita juga menginspirasikan seperti Abigail Williams, Rhapsody, Arkona, Moi Dix Mois, Helloween, Chthonic, Daemonicium, Zatreon,Vesania,dll

Bagaimana pendapat kalian ttg orang2 yg mendownload lagu2 metal di dunia maya? apabila sebuah band metal itu belum memiliki album, tetapi mereka menyediakan link download, apakah salah bagi orang2 diluar utk mendownloadnya?
Menurut kita itu wajar adanya, Tidak salah,namun jika itu resmi saja link download langsung yang disediakan dari band tersebut, kan mereka juga ingin mempromosikan dan memberikan sample materi band mereka untuk diperdengarkan kepada metalheads. Namun sebaiknya jika bandnya sudah mempunyai album dibeli CD nya,dan jangan dibajak ! Apalagi band lokal, siapa lagi yang mensupport anak metal kalo bukan anak metal juga.

Kenapa bisa menamakan band ini dgn nama Criatura? Apa sejarahnya?
Sebenarnya tidak ada sejarah yang mendalam, nama Criatura berasal dari bahasa Spanyol yang berarti mahluk, titisan atau insan. Disini kita bermaksud memaknainya, Kita ini hanya mahluk Tuhan, kita bukan Tuhan. Kita tidak punya daya upaya tanpa kehendak-Nya. Intinya Criatura ada karena Tuhan.

Apa harapan kedepan utk Criatura?
Harapan kami kedepannya mendapat personil tetap yang lengkap, solid dan kompak,dan harapan yang paling besar segera punya album, hehehe.Amin

Apa makna Black Metal itu bagi kalian pribadi?
Black Metal, kami memaknainya dari hati kami ,dari jiwa kami. Black Metal itu satu wadah aliran music yang sangat kami cintai, tempat kita mencurahkan keluh kesah sehingga menjadikan sebuak karya yang positif, Black metal is a musical genre, not a religion !

Bagaimana komentar kalian terhada orang2 diluar yg menganggap bahwa Black Metal itu merupakan propaganda satanis?
Memang, yang pure black metal diluar sana itu banyak yang satanis. Dan itu kenyataannya, namun di Negara ini, itu sangat tidak benar,band-band Black metal di negeri ini juga tahu keberadaannya di Timur, walaupun masih ada yang menggunakan ritual namun disini hanya untuk totalitas atau apalah. Yang pasti kita tidak suka dengan yang seperti itu, dan kita tidak satanis !
Biarlah yang berkata propaganda satanis seperti itu, kita yang menjalankan dan tahu,tinggal Tuhan yang menilai. Untuk itu sebaiknya kita membuktikan kepada masyarakat dengan tidak melakukan hal yang tidak perlu dilakukan agar masyarakat bisa menerima black metal, dan tidak selalu dipandang negatif.

Kasih masukan dan kritikan utk webzine muda ini :)
Semangat terus untuk kalian, gali terus pengetahuan band-band metal lokal yang belum diketahui orang banyak, terus berdedikasi dijalur ini.

Thanks atas waktunya menjawab pertanyaan kami :) semoga Criatura bisa sukses kedepannya :) amin
Amin, semoga sukses juga kawan, dan TerimaKasih banyak atas kepercayaan dengan semua pertanyaan yang sudah diberikan kepada kita. Tetap cadas n keep \m/

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
TIAN
Selamat datang di blog gua yang masih acak2n,maklumlah masih new bee,disini kami mennyediakan topik tentang musik-musik keras,dan arti dari muski itu tersebut ...
Lihat profil lengkapku

Followers

About

Free Skelton ani Cursors at www.totallyfreecursors.com

PLAYLIST

free counters

  ©Template by Dicas Blogger.