Rabu, 14 Maret 2012

Dissection Band Black Metal Penuh Kontroversi

Mengapa band ini disebut-sebut penuh dengan kontroversi karena sang frontman sekaligus vokalis dan gitaris yaitu Jon Nodtveidt yang dari awal berdiri band ini sudah identik dengan satanic. Dia bergabung dengan organisasi satanic MLO, sempat dipenjara karena membunuh orang, dan akhirnya dia sendiri ditemukan tewas bunuh diri.

Dissection tidak memiliki member tetap selain Jon Nodtveidt sendiri dan band ini sering berganti-ganti personel sejak pertama berdiri. Namun Jon Nodtveidt resmi mendirikan Dissection pada tahun 1989, dan di tahun 1990 mereka mengirimkan demo album ke sebuah metal fanzine dan menyatakan berdirinya Dissection dengan menjadi supporting act Entombed pada Oktober 1990.

Di tahun 1992 mereka mendapatkan deal dengan No Fashion Records setelah mendengar 4 lagu promo tape Dissection. Album debut mereka akhirnya dirilis dengan judul The Somberlain pada tahun 1993, dan mereka berpindah ke Gothenburg untuk mempermudah karir Dissection. Album The Somberlain di dedikasikan kepada Euronymous yang meninggal pada tahun yang sama.

November 1994 mereka berhasil mendapatkan deal dengan satu records label metal raksasa yaitu Nuclear Blast. Di awal 1995 mereka fokus di dalam studio untuk merekam album kedua mereka yang dirilis pada November 1995 berjudul Storm Of The Light's band. Album ini langsung menjadi kunci sukses untuk Dissection.

Mereka bermain di UK bersama dengan Cradle Of Filth, dilanjutkan dengan beberapa konser di Swedia. Lalu mereka melanjutkan tour Eropa mulai dari Jerman, Austria, Ceko, Switzerland, Swedia dan Amerika Serikat. Rangkaian The World Tour of the Light's Bane ini berakhir pada tahun 1997.

Dissection mengalami perpecahan pertama kali pada tahun 1997 dimana nama mereka sudah semakin besar dan bermain bersama band-band yang sudah ternama. Jon Nodveidt yang bergabung dengan organisasi satanic MLO ditangkap polisi setelah dituduh membunuh orang dan dia dijauthi hukuman selama 10 tahun dan Dissection dinyatakan bubar.

Setelah selesai menjalani masa hukuman, Jon Nodveidt bebas pada tahun 2004 dan dia mencoba untuk membangkitkan kembali Dissection. Dari awal dia sudah berkata bahwa dia mencari member yang bisa mempertahankan konsep satanic dari Dissection. Setelah mendapatkan member yang cocok Dissection merilis EP berjudul Maha Kali dan menggelar tour The Rebirth Of Dissection.

Tahun 2006 album ketiga mereka berjudul Reinkaos dirilis oleh label mereka sendiri dibantu The End Records. Album ini menurut Jon Nodtveidt berisikan semua ajaran tentang MLO dan dia berusaha menyebarkan MLO ke penjuru Swedia. Bahkan lirik dari album ini juga diambil dari beberapa part kitab-kitab MLO.

Kabar mengejutkan datang pada bulan Agustus 2006 ketika sang frontman Jon Nodtveidt ditemukan tewas bunuh diri di kediaman pribadinya. Jon Nodtveidt diduga tewas antar tanggal 13 - 16 Agustus 2006, dan di sekitarnya ditemukan buku Liber Azerate karya Frater Nemidal ketua dari MLO. Dengan tewasnya Jon Nodtveidt maka berakhir juga lah karir Dissection. 
 

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
TIAN
Selamat datang di blog gua yang masih acak2n,maklumlah masih new bee,disini kami mennyediakan topik tentang musik-musik keras,dan arti dari muski itu tersebut ...
Lihat profil lengkapku

Followers

About

Free Skelton ani Cursors at www.totallyfreecursors.com

PLAYLIST

free counters

  ©Template by Dicas Blogger.